Thursday, December 9, 2010

Pendapatku Tentang Menyontek

hmm.. Ayo baca ! :)

=================
> Apa arti kata menyontek?
~ Menyontek = mlakukan sontek. Menyontek adl melihat lalu mengikuti / menyalin jawaban seseorang yg dianggap benar untuk menyelesaikan sbuah persoalan.

> Apakah menyontek itu buruk? Mengapa?
~ Beberapa orang berkata BURUK dan beberapa lagi berkata TIDAK BURUK. Namun, jika melihat dampaknya, menyontek itu jelas BURUK. Mengapa? Karena dengan menyontek, penyontek akan cepat merasa puas dan menggampangkan smua persoalan karena pikirnya ada bahan sontekan yaitu orang lain yg berperan sbg yg disontek. Dengan begitu, pribadi penyontek menjadi peniru, bodoh, bukan tipe pekerja keras dan pemecahan masalahnya tergantung pd org lain.

> Apa alasan seseorang menyontek?
~ Seseorang menyontek biasanya disebabkan karena ia tak tahu cara menyelesaikan soal-soal yg menurutnya sgt rumit. Selain itu juga karena ia malas membaca soal yg 'mungkin' berbentuk paragraph (panjang). Juga, karena waktu yang mepet hingga tak ada jalan lain kcuali menyontek agar persoalan itu tuntas pd waktunya.

> Apa tujuan dari menyontek?
~ Tujuannya agar seluruh soal yg dihadapkan pd penyontek dpt terselesaikan dgn baik tanpa susah payah dan menghasilkan nilai hasil yg memuaskan penyontek. Sebab saat ini, rasanya murid bersekolah hnya bertujuan utk mengejar nilai dan mengesampingkan pemahaman terhadap materi sekolah yg diberikan. Mengapa? Bagi mereka nilai-lah yg paling menentukan sebab kelulusan seseorang hanya berdasarkan angka-angka abstrak tsb. Misal: UN. Jika nilai/angka pd UN Anda tidak sesuai standar, maka Anda tidak lulus. Begitulah.

Ini akan menurunkan semangat belajar para pelajar dan menurunkan jiwa persaingan dibidang akademik.

"alah, sekarang tuh, bagaimanapun caranya, asalkan nilai kita tinggi pasti lulus. Guru tdk melihat seberapa cerdas kita, yg penting adl nilai di setiap ujian kita slalu tinggi."

> Pernahkah aku menyontek? Seringkah?
~ Pernah. Tidak begitu sering. Saya menyontek jika memang persoalan itu yg paling melemahkan sy. Dan karena skrg ini sistem pendidikan negara kita hanya berdasarkan nilai, maka paradigma sy jg sependapat dgn point diatas.

> Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan menyontek?
~ Hmm, menurut saya dgn cara menanamkan sugesti dalam diri sendiri bahwa "sy tdk akan sukses jika membiasakan diri menyontek. Masa depan yg sukses takkan berpihak padaku dan yakin bahwa saya bisa tanpa dibantu" atau dgn cara perbuatan yaitu BELAJAR SUNGGUH-SUNGGUH. Sebagai awal, berusahalah menjadi 'yang disontek' sebab itu lebih baik daripada jd 'penyontek' bukan?

> Apakah dampak buruk dan dampak baik dari menyontek?
~ Dampak buruk sepertinya sdh jelas dr beberapa jawaban point sblmnya.

Nah dampak baiknya adl terciptanya rasa solidaritas antar teman yg baik (saling memberi sontekan), meningkatkan kekompakan, mampu bekerjasama dgn baik (antar penyontek dan yg disontek agar tdk ketahuan oleh pengawas), penyontek dpt mendapatkan nilai tinggi dgn mudah, dan menyontek adl satu-satunya 'jalan darurat' utk menyelesaikan persoalan di waktu yg sdh tdk cukup lg. Hahahaha..

> Apakah menyontek itu menguntungkan bagi 'penyontek' dan yg 'disontek'?
~ Bagi penyontek jelas skali sangat menguntungkan untuknya. Sebab penyontek tinggal 'menyalin' sj jawaban org lain yg benar pd kertas jawabannya dan menikmati hasilnya yg tinggi dan tentu sngat memuaskan.

Sedangkan bagi org yg dicontek? Haha, sy mau sharing sbg org yg disontek. Untungnya jg ada, yaitu org yg disontek makin dihargai, para penyontek itu senantiasa berbuat baik padanya, dan menjadi sgt ramah dengannya. Haha.

> Bagaimana rasanya jadi 'yang disontek'?
~ Hmm, sy prnah jd org yg disontek dan itu sungguh menyebalkan sebab baru 5 menit soal dibagikan, sdh ada panggilan dr para penyontek, bbrapa pesan msuk diHP dri para penyontek yg kompak meminta salinan jawabanku dr nmr prtama hingga nmr yg sdh kuselesaikan. Sgt mengganggu konsentrasi. :(

> Andaikata, Anda sbg yg disontek, bagaimana cara Anda menolak permintaan penyontek?
~ Menolak secara langsung akan menyakiti hati penyontek, jd cara yg ampuh adl dgn berpura-pura mengatakan bhwa 'saya blum mengerjakan satu nomor pun!' dan pura-pura takut jika pengawas mendapati saya memberi contekan padahal saat itu pengawas tdk trlalu memperhatikan. Hehe.

> Bagaimana rasanya jd penyontek?
~ jd penyontek pasti terdapat juga rasa kegelisahan krn merasa berdosa telah menyontek dan takut ketahuan oleh pengawas (was-was). Tp tdk ada pilihan lain jika benar-benar tdk tahu jwbn persoalan itu kan?

> Andaikata, Anda sbg penyontek, Bagaimana caranya membujuk 'yg disontek' agar ia mau memberi sontekan?
~ Hm, biasa sih dgn mengatasnamakan hubungan pertemanan si penyontek dan yg disontek. Memberi kata-kata rayuan yg bertujuan agar dikasihani dan diberi sontekan juga ampuh. Selain itu terdapat jg bbrapa penyontek yg 'mngancam' org yg disontek agar takut dan mau memberi sontekan. Sgala hal dilakukannya agar mndapatkan sontekan. Haha..
============

2 comments:

Anonymous said...

penggunaan kata yg tdak tepat yg benar sontek bukan contek. silahkan buka KBBI jika tdak percaya

Unknown said...

Wahaha, terimakasih infonya. Saya tahu. Karena kata 'sontek' jika ditambahkan imbuhan me- jd menYontek, Y di sini pengganti karena kata dasarnya S.
Yang penting kan isinya. Bagaimana?