Thursday, December 23, 2010

Asah Logika



LOOK AT THE PICTURE !

hmm, ada yang aneh kan?

Coba kalian bandingkan dua gambar segitiga tersebut. Memang ada yang berbeda. Pada segitiga II ada 1 kotak (piece) yang tidak berwarna. Mengapa bisa begitu? Padahal segitiga yang dibentuk memiliki volume dan luas yang sama dengan segitiga I yang kotak-kotaknya berwarna semua. Mengapa setelah beberapa dipindahkan malah ada kotak yang tidak berwarna (hilang) sehingga terbentuk segitiga yang cacat??

Ada yang tahu? Beri jawaban kalian.

Hahaha.. Ini mengasah logika Anda. Pertama kali saya tahu dari tantangan kakak saya. Kakak saya saja bingung sebab itu pertanyaan dari temannya. Karena kakak saya pusing dia sharing ke saya. Nah, saya juga pusing. Tapi beberapa jawaban telah saya lontarkan.

Sampai saat ini saya masih penasaran jawaban aslinya apa dari si penanya pertama (teman kakak saya). Hahaha..

Tapi, jika ada diantara kalian yang merasa tertantang dengan permainan logis ini, dengan senang hati saya mempersilahkan tuk menjawabnya. ^^

mengapa bisa ada satu kotak yang kosong padahal panjang, luas, dan volume segitiga II nya sama dengan segitiga I yang tak satupun ada kotak yang kosong (tanpa warna)? MENGAPA?

2 comments:

Anonymous said...

jika diteliti (menurutku) sisi miring pada gambar II itu tdak lurus, ad sudut yg trbntuk pda pojokan kiri atas bagian wrna kuning yg besarny hampir 180 drajat shngga trlihat lurus sekilas. Shingga mnimbulkan ktdaklurusan pda bagian wrna merah & biru. Olh krna itu ad bagian yg brubah dan besarny sama dgan 1 kotak...

Ntahlah benar atau tdak CMIIW ^_^

Unknown said...

Hmmm, ya, memang benar jawaban Anda. 'Sisi miring yang tidak sama' itu kata kuncinya. ^^
Anda cukup teliti juga ya. d^^b